Informasi Baru Islam Tata Cara Berbuka Puasa yang Benar

Posted at  20.16  |  in  TataCara


Sobat KAI Siapa yang tidak merasa senang kalau sudah tiba waktu berbuka? Berbuka puasa merupakan hal yang sangat Ditunggu-tunggu  bagi orang yang berpuasa. Tetapi bagi sebagian orang, berbuka puasa tetap saja berbuka dengan nafsu. Ketika berbuka, eksklusif menyiapkan makanan yang banyak. Ada ini ada itu dan sebagainya. Ketika berbuka, seluruh hidangan eksklusif disantap hingga perut terasa kenyang. Kemudian setelah kenyang, terasa malas untuk melaksanakan shalat maghrib. Apalagi melaksanakan aktivitas ibadah yang lainnya menyerupai shalat tarawih. Hm.. Semoga tidak terjadi pada sahabat KAI

Hal yang demikian merupakan cara berbuka yang tidak baik. Rasulullah mengajarkan berbuka puasa dengan sederhana dan penuh dengan adab. Bagaimana tata cara berbuka puasa yang baik dan benar sesuai dengan sunnah. Menurut Para Pakar Kesehatan dan Ahli Islam Berikut ialah Tata cara berbuka puasa yang telah DiRekomendasi.
Intinya ialah berbuka puasa itu tidak sederhana dan tidak berlebihan. Cara berbuka ini dimulai dari mendengar azan hingga shalat. Berikut tata cara berbuka selengkapnya:

1. Persiapan berbuka
Tentunya saat hendak berbuka menyiapkan beberapa hidangan untuk buka. Tidak usah terlalu banyak, yang penting mampu membatalkan puasa dan mengisi perut yang kosong. Sunah Rasulullah ialah berbuka dengan yang manis. Maksud manis di sini ialah kurma (bukan Teh Botol ). Jika tidak ada kurma, tentu mampu diganti dengan makanan manis lainnya. Salah satu sunnahnya ialah dengan satu gelas air putih dan tiga buah kurma.

2. Mendengarkan adzan hingga selesai
Ketika adzan dikumandangkan, hendaknya kita mendengarkan adzannya dulu hingga selesai. Namun hal ini terkadang sulit untuk dilakukan. Mengingat adzan yang dilakukan oleh masyarakat kita ialah adzan yang cukup lama (keburu laper lagi dong ). Oleh karena itu, bagi para muadzin khusus pada bulan pahala sebaiknya melaksanakan adzan itu menyerupai dengan iqomah tetapi tidak terlalu cepat. Sambil mendengarkan adzan, tentunya kita juga menjawab adzan tersebut. Untungnya di kawasan saya adzannya tidak terlalu lama. Setelah mendengarkan adzan, kita baca do’a setelah adzan.

3. Batalkan puasa dengan minum air dan makanan
Membatalkan Puasa Dengan Segelas Air Putih Itu ialah Sunah Rasul, dan kalau berbuka Sebaiknya yang Manis Manis Didahulukan, kenapa Bukan Makanan yang mengenyankan Karena nanti kita tidak dapat melaksanakan aktifitas ibadah alasannya terlalu kenyan, jadi sebaiknya berbukalah dengan Sewajarnya.

4. Shalat, berdo’a, kemudian makan lagi bila perlu
Setelah berbuka, eksklusif kita ambil air wudhu kemudian shalat maghrib. Dilanjutkan dengan membaca wirid dan berdo’a.
Setelah final shalat dan berdo’a, barulah kita lanjutkan dengan makan kalau masih merasa lapar. Tetapi tentunya jangan hingga kekenyangan pula, karena kita harus persiapkan kondisi yang nyaman untuk melaksanakan shalat tarawih.

Itulah Tata cara berbuka puasa yang direkomendasikan Menurut Para Pakar Kesehatan dan Ahli Islam . Cara ini menurut saya tertib, menyenangkan, dan terasa berkah. Semoga Sobat KAI mampu mencoba dan mengikuti Tata cara berbuka puasa tersebut dan mencicipi kenikmatan serta keberkahannya. Jujur saja, saya mencicipi nikmat berbuka puasa dengan tata cara menyerupai di atas, Selamat Mencoba Sobat KAI.

Share this post

Tentang Hidup itu Indah

Kami menyediakan berbagai macam peci kopiah songkok, dengan harga murah dan grosir. Jualpecisongkok.com.

About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 Hidup Itu Indah.
Powered by Themes24x7 .
back to top